BONEK RUWET COMUNITY

terima kasih buat teman" yang sudah mampir di blog saya

Kamis, 22 November 2012

Source: http://bonekruwetcomunity.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-navigasi-breadcrumb-di.html#ixzz2CbHChNOG

Cara Membuat Mesin Pencari Blog Sendiri

Mesin pencari adalah sebuah form yang digunakan untuk mencari sebuah halaman yang mengandung query atau kata kunci yang kita coba masukan pada form search tersebut. Mesin pencari terkadang juga disebut mesin telusur, karena berfungsi untuk menelusuri suatu query yang sedang dicari.
Mesin pencari adalah sesuatu yang sangat penting, baik bagi website professional ataupun untuk blog. Jika suatu website ataupun blog memiliki mesin pencari, maka dapat memudahkan pengunjung website atau blog tersebut untuk mencari apa yang sedang mereka cari.
Pada posting ini, saya khususkan untuk membuat mesin pencari atau search form yang dapat dipakai sebagai widget dalam blog. Widget ini hampir sama dengan costum search engine yang hanya dapat menelusuri query yang ada dalam blog tersebut. Jadi tidak perlu khawatir, kalau hasil pencariannya akan mengarah ke situs lain. Dan satu lagi No Ads atau Tanpa Iklan.
Sebenarnya, banyak penyedia layanan costum search engine yang memberikan kemudahan untuk kita merancang sendiri mesin pencari sesuai keinginan kita. Hanya saja biasanya pada hasil pencariannya disertakan iklan. Jika tidak ada iklan, biasanya harus menggunakan jasa berbayar. Rata - rata sekitar $10 per tahun.
Namun untuk mesin pencari yang saya buat ini, walaupun cara-nya agak rumit, tapi mesin pencari ini diberikan secara gratis dan tanpa iklan. Karena Source Script atau Sumber Kode untuk mesin pencarian ini sudah diberikan sepenuhnya pada anda.
Memang, hasil pencarian-nya tidak sebagus hasil pencarian costum search engine. Namun, barang kali ada diantara sobat - sobat semua yang ingin mencoba-nya. Ya kalau menurut saya lumayan, dari pada kita mengeluarkan uang hanya untuk widget pencarian, atau kita menampilkan iklan pihak ke 3 di situs kita secara cuma - cuma.
Jika sobat berminat, dan ingin mencoba mesin pencarian buatan sendiri. Silahkan ikuti langkah - langkah berikut ini :
  1. Pertama - tama, masuk ke akun blogger sobat,
  2. Lalu, klik Rancangan, Tata Letak, dan Tambah Elemen HTML/Javascript,
  3. Selanjutnya, Silahkan Copy Paste Script Dibawah,
<form action="/search" class="right" id="searchthis" method="get"><input class="input-text" id="searchBox" name="q" onblur="if(this.value==&quot;&quot;)this.value=this.defaultValue;" onfocus="if(this.value==this.defaultValue)this.value=&quot;&quot;;" type="text" value="Saya Sedang Mencari..." vinput=""><input class="searchbutton" id="submit-button" type="submit" value="Cari"></form>
Setelah script dibawah ditambahkan,  silahkan lihat hasilnya terlebih dahulu, dan coba cek terlebih dahulu dengan kata kunci yang di inginkan. Jika sudah sesuai silahkan Save elemen tersebut.

Keterangan :

  • Silahkan ganti right dengan posisi yang di inginkan misalnya left atau center.
  • Ganti Saya Sedang Mencari... dengan kata - kata yang sobat inginkan. Tapi, jika sobat ingin form search kosong, silahkan hapus saja tulisan tersebut.
  • Ganti juga Cari dengan kata yang di inginkan, misalnya Go, Telusur, Search, atau apapun yang sobat inginkan.

Untuk Download Artikel Klik Gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar